Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi resmi meluncurkan All New Pajero Sport. Beberapa waktu lalu, KTB mengundang berbagai penggemar otomotif dan beberapa awak media otomotif nasional untuk menjajal All New Pajero Sport di arena Ancol, Jakarta Utara.
Ada beberapa varian Pajero Sport terbaru yang disediakan KTB untuk dirasakan awak media. Namun, yang menarik perhatian adalah Pajero Sport tipe Dakar. Sebab, tipe Dakar sudah menggunakan mesin generasi baru dan transmisi 8 percepatan. Kali ini detikOto mencoba All New Pajero Sport Dakar 4x2.
Group Head MMC Sales Group MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Imam Choeru Cahya mengatakan, All New Pajero Sport mengusung konsep stylish, confortable, dan offroad SUV. Untuk menguji klaim itu, KTB menyediakan beberapa area pengujian meliputi area offroad yaitu lintasan tanah bergelombang dan area onroad yang mengambil jalanan mulus di Ancol.
Bagaimana rasanya mengendarai All New Pajero Sport Dakar 4x2? Yuk simak ulasannya.
Desain eksterior merupakan salah satu penilaian seseorang sebelum membeli mobil. Jadi, tak ada salahnya jika mengulas desain eksterior terlebih dahulu sebelum membahas performa Pajero Sport terbaru ini.
Di bagian depan, All New Pajero Sport menerapkan konsep Dynamic Shield Front Design. Lampu depan LED yang meruncing terlihat menyatu dengan grille depan.
Konsep Dynamic Shield ini memadukan lampu depan LED dengan day running light (DRL). Ada beberapa sisipan aksen krom di bagian depan mobil ini.
Untuk tipe Dakar, peleknya menggunakan pelek alloy 18 inci dengan desain baru. Pelek tersebut memang terlihat sporty dan unik.
Bagian samping, SUV ini terlihat berotot dengan lekukan-lekukan bodinya. Karakter bongsor khas SUV juga tercuat dari Pajero Sport terbaru ini berkat ground clearance yang tinggi.
Di bagian belakang, Mitsubishi menghadirkan rear combination lamp yang diklaim unik. Desain lampu belakang dibuat seakan menetes ke bawah. Bagian belakang mobil ini mengadopsi konsep Dynamic Rear Combination Lamp.
2. Interior
Interior mobil ini terlihat cukup lapang. Sebelum mengendarai Pajero Sport, sempat duduk di kursi penumpang baris kedua.
Ruang kaki cukup luas sehingga duduk sebagai penumpang mobil ini terbilang nyaman. Antara kepala yang memiliki tinggi badan 180cm dengan langit-langit kabin pun masih ada ruang.
Untuk tipe Dakar, desain interior tampil cukup mewah. Beberapa aksen kayu menghiasi interior Pajero Sport Dakar terbaru ini.
Mitsubishi telah melengkapi fitur-fitur pada All New Pajero Sport Dakar. Beberapa di antaranya adalah fitur seperti Power Sliding Roof, Dual Zone Air Conditioner, hingga Electric Parking Brake.
Kenyamanan lebih terasa karena kabin sangat senyap. Suara mesin diesel dan turbonya hampir tidak terdengar dari dalam mobil ini.
Menyesuaikan jok pengemudi pada Pajero Sport Dakar ini pun mudah. Secara elektrik, sandaran jok dan posisi jok pengemudi bisa disesuaikan dengan sentuhan tombol di samping joknya.
Saat mencoba All New Pajero Sport Dakar ini, kesan pertama adalah suspensinya yang sangat empuk. Bahkan, saat mengerem pun suspensinya memantul sehingga sangat empuk dan nyaman.
Saat dikendarai di lintasan offroad yang bergelombang, suspensi SUV ini sangat nyaman. Pantulan guncangan mampu diredam secara maksimal oleh suspensi All New Pajero Sport Dakar ini.
4. Performa
Khusus All New Pajero Sport Dakar, Mitsubishi memberikan mesin generasi baru yaitu mesin MIVEC Diesel 4N15 2.4L turbo. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 181 daya kuda, naik dari Pajero Sport Dakar generasi sebelumnya yang memiliki tenaga 178 daya kuda.
Pajero Sport Dakar ini juga sudah dilengkapi transmisi otomatis 8 percepatan. Mode transmisi bisa dikendalikan manual dengan menggunakan paddle shift di balik setirnya.
Selanjutnya giliran saya kebagian mengendarai Pajero Sport di lintasan aspal. Lintasan yang mulus ini menjadi kesempatan untuk menguji akselerasinya.
All New Pajero Sport Dakar 4x2 ini cukup responsif. Mesin langsung merespons ketika pedal gas diinjak sehingga mobil mudah melesat.
Tak butuh lama untuk mendapatkan kecepatan tinggi. Artinya, performa mobil ini bisa diandalkan.
5. Kesimpulan
Dari konsep kenyamanan, SUV ini terbilang sangat nyaman. Suspensinya empuk saat melalui lintasan yang tidak rata.
Kabin pun kedap, suara dari luar hampir tak terdengar. Kenyamanan ditambah lagi dengan beberapa fitur yang ada pada All New Pajero Sport Dakar 4x2 ini.
Tenaga pun bisa diandalkan. Mesin MIVEC Diesel 4N15 2.4L turbo yang berpasangan dengan transmisi otomatis 8 percepatan mampu membuat mobil ini mudah melesat.
Soal desain, dilihat dari bagian depan mobil ini tampak stylish. Dari samping, kesan gagah terlihat dengan lekukan-lekukan bodinya dan peleknya yang sporty dan unik.
Namun, ada beberapa kritik pada desain bagian belakang. Desain bagian belakang terkesan kurang galak.
Tapi soal desain itu masalah selera. Tergantung masing-masing individu menilai desain mobil ini.
No comments:
Post a Comment